Vivipar Adalah – Pengertian, Ciri dan Contohnya

Vivipar adalah sebuah istilah yang di gunakan untuk menyebutkan jenis perkembang biakan yang di lakukan oleh makhluk hidup. Karena setiap makhluk hidup akan berkembang biak untuk memperbanyak spesiesnya. Termasuk manusia.

Dan setiap makhluk hidup memiliki cara berbeda untuk berkembang biak, salah satunya adalah dengan cara vivipar. Lalu apa itu vivipar?

Vivipar Adalah

Vivipar merupakan salah satu cara berkembang biak yang di lakukan dengan cara melahirkan. Manusia sendiri juga termasuki vivipar karena berkembang biak dengan cara melahirkan. Termasuk beberapa hewan lainnya juga mengalami proses perkemban biakan dengan cara melahirkan.

Proses perkembang biakan ini biasanya terjadi pada hewan mamalia dan menyusui. Selama proses perkembangan embrio maka sumber makanan di dapatkan dari dalam induknya lewat plasenta.

Kehamilan yang terjadi pada hewan vivipar berawal dengan pembuahan sel jantan pada sel telur betina yang ada di dalam tubuh induknya. Kemudian akan terjadi pertumbuhan sehingga akhirnya induh pun akan melahirkan. Dari proses ini maka terbentuklah individu baru.

Proses perkembang biakan secara vivipar ini juga bisa di lihat dengan tanda tanda dari betina yang melepaskan sel telur di dalam saluran reproduksi mereka. Lalu terjadilan kopulasi serta proses fertilisasi yang terjadi di dalam saliran kelamin betina.

Ciri-ciri Hewan Berkembang Biak dengan Cara Vivipar

Untuk hewan yang berkembang biak dengan cara vivipar ini bisa di lihat dari beberapa ciri ciri, seperti:

  • Mempunyai kelenjar dan juga puting susu.
  • Merupakan hewan mamalia atau menyusui.
  • Memiliki daun telinga.
  • Biasanya tubuhnya di tutupi dengan bulu bulu.
  • Mengalami perkembangan di dalam tubuh induk sebelum akhirnya di lahirkan.

Contoh Hewan yang Termasuk Vivipar

1. Kera, Monyet, Gorila, Orang Utan, Simpanse

Baik kera, monyet, gorila, simpanse dan orang utan masih dalam satu keluarga dan spesies yang sama. Meski begitu mereka memiliki banyak perbedaan mulai dari bentuk tubuh bahkan hingga ukuran tubuhnya.

Jika kera sendiri memiliki ukuran yang lebih kecil dan sering di anggap sama dengan monyet. Padahal keduanya berbeda dan memiliki banyak perbedaan meskipun sama sama hewan primata.

Perbedaan dari hewan hewan tersebut juga bisa di lihat dari bentuk ekor dan habitatnya. Jika kera sering berada di tanah berbeda dengan monyet yang suka berada di atas pohon.

Namun dari semua perbedaan di atas, mereka semua memiliki proses perkembang biakan yang sama yakni vivipar atau melahirkan.

2. Gajah

Gajah adalah hewan mamalia terbesar yang hidup di daratan dan merupakan hewan herbivora. Hewan yang terkenal pintar ini hidup secara berkelompok. Ada satu kelebihan yang di miliki oleh gajah.

Yakni mereka bisa mengingat jalan yang mereka lewati untuk mencari sumber mata air. Meskipun jalan tersebut sudah berubah, mereka akan tetap melewati jalan yang sama karena mereka memiliki ingatan yang baik. Hal inilah yang membuat gajah di anggap sebagai hewan cerdas.

Gajah berkembang biak dengan cara melahirkan sehingga membuat gajah termasuk ke dalam hewan vivipar.

3. Kuda

Kuda juga merupakan salah satu hewan mamalia  yang berkembang biak dengan cara melahirkan sehingga mereka termasuk ke dalam hewan vivipar. Selain itu kuda betina sendiri akan mengalami masa kehamilan setelah adanya proses pembuahan yang di lakukan oleh sel jantan pada sel telur betina di dalam tubuh kuda betina.

Lalu kuda betina pun akan memproduksi susu untuk anak anaknya nanti dan akan terus memberikan susu sebagai makanan utama selama beberapa bulan ke depan. Anak kuda sendiri terbilang memiliki perkembangan yang cukup pesat sebab dalam waktu sekitar satu atau dua jam saja anak kuda yang baru lahir sudah bisa berdiri dan berjalan.

Umumnya kuda akan melahirkan pada malam hari atau dini hari dan setelah bayi kuda keluar maka kuda betina akan menguyah plasenta dan menjilati tubuh anaknya untuk membantu melancarkan sirkulasi darahnya.

Biasanya anak kuda akan lahir tanpa memiliki gigi yang akan mulai tumbuh seiring dengan bertambahnya usianya. Biasanya gigi susu akan muncul ketika kuda berusia sembilan bulan dan akan di gantikan oleh gigi permanen ketika kuda sudah berusia enam tahun.

4. Paus

Berbeda dengan spesies ikan lainnya yang hidup di dalam air, paus justru merupakan hewan mamalia yang melahirkan. Sehingga termasuk ke dalam hewan vivipar meskipun hidup di dalam air.

Padahal sebagian besar makhluk hidup yang tinggal di dalam air berkembang biak dengan cara bertelur.

Paus sendiri akan melahirkan anaknya di perairan tropis yang hangat dan anak paus sudah bisa langsung berenang begitu di lahirkan. Masa kehamilan paus bisa berlangsung selama sembilan delapan belas bulan lamanya.

Setelah melahirkan, maka anak paus akan menyusui selama satu tahun lamanya.

Untuk urusan perkawinan paus merupakan mamalia poligami, bahkan paus betina bisa melakukan perkawinan dengan lebih dari satu jantan. Meskipun secara teknis dia hanya kawin dengan satu jantan saja.

Namun di sisi lain, proses perkawinan tersebut di bantu dengan jantan lainnya. Terkadang bisa terjadi persaingan sengit ketika masa kawin yang mana membuat para jantan saling memperebutkan betina.

5. Jerapah

Jerapah termasuk ke dalam mamalia tertinggi yang hidup di darat. Karena mereka sendiri memiliki tinggi mulai dari 4 hingga 6 meter. Karena jerapah biasanya makan tunas daun dari pohon akasia, bunga buah buahan hingga aprikot. Mereka juga bisa makan biji bijian, tunas hingga rumput segar.

Karena mereka mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak cairan maka mereka minum dengan porsi yang lebih sedikit.

Jerapah betina bisa mengalami masa kehamilan hingga 15 bulan dan bayi jerapah yang baru lahir sudah memiliki tinggi sekitar 2 meter.

Setelah bayi jerapah terlahir maka induknya pun akan menjauhkan si bayi dari jerapah lainnya untuk melindungi bayinya dari kawanan jerapah kurang lebih selama 15 hari. Jika sudah melewati masa itu, maka jerapah muda berusia 15 hari ini sudah bisa bergabung dengan kawanan induknya.

6. Kucing

Siapa yang tidak kenal hewan lucu satu ini. Ya, kucing adalah salah satu hewan vivipar yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Dalam proses perkembang biakannya, kucing jantan akan kawin dengan kucing betina.

Kemudian setelah proses perkawinan terjadi antara kucing jantan dan kucing betina maka kucing betina pun akan mengalami kehamilan yang mana proses ini akan membutuhkan waktu kurang lebih 58 hingga 67 minggu lamanya. Atau bisa di bilang kucing akan hamil selama dua bulan.

Setelah dua bulan hamil, kucing pun akan melahirkan anak-anaknya. Dalam sekali melahirkan kucing bisa melahirkan anak mulai dari satu hingga enam anak sekaligus.

Kucing di anggap sebagai salah satu hewan yang cukup produktif karena sering sekali hamil. Dalam satu tahun, kucing bisa hamil beberapa kali sehingga terkadang perkembang biakan hewan ini cukup di kendalikan agar tidak over populasi.

Kesimpulan

Sekarang sudah tahu kan jika vivipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Sebenarnya manusia termasuk sebagai vivipar juga loh karena melahirkan dan menyusui.

Artikel Menarik Lainnya:

Originally posted 2022-12-18 10:30:00.