Cara Membuat Grafik di Excel Dg Mudah Beserta Contoh

Cara Membuat Grafik di Excel berikut ini pastinya akan sangat berguna bagi kamu yang ingin membuat grafik namun tidak tahu bagaimana caranya. Namun tenang saja, karena sebenarnya tidak terlalu sulit untuk membuat sebuah grafik di Excel.

Bahkan kamu hanya membutuhkan lima langkah mudah saja untuk membuat sebuah grafik di Excel. Dan berikut ini caranya.

Jenis-jenis Grafik di Excel

Seperti yang kamu tahu jika Microsoft Excel memang memiliki banyak fungsi yang bisa memudahkan pekerjaan kamu. Salah satu fungsinya adalah dapat membantu kamu untuk membuat grafik.

Grafik sendiri merupakan bentuk gambar dengan kerangka yang bisa membantu kamu dalam menunjukkan atau memberikan visaulisasi mengenai data data yang kamu miliki. Dengan begitu kamu bisa mempresentasikan sebuah data dengan sangat mudah. Dan bisa orang mengerti dengan jelas.

Namun meksipun fungsi grafik bisa memudahkan penggunanya, tapi ternyata masih banyak orang yang masih merasa kebingungan atau bahkan kesulitan saat akan membuat grafik.

Padahal Cara Membuat Grafik Garis di Excel sendiri terbilang sangatlah mudah bahkan kamu hanya membutuhkan 5 langkah sederhana saja untuk membuatnya. Namun sebelum itu, kamu harus mengetahui jika grafik terdiri dari beberapa jenis yang tampilan, bentuk dan fungsinya juga berbeda-beda.

Karena bentuk dari grafik atau diagram tergantung pada bentuk data yang nantinya akan kamu masukkan. Maka dari itu, sebaiinya kamu ketahui terlebih dahulu jenis-jenis grafik di bawah ini:

1. Column

Grafik ini memiliki bentuk diagram batang yang mengarah ke atas dengan pembagian dari bentuknya yakni menggunakan kategori pada sepanjang sumbu horizontal. Dan nilai atau value di sepanjang sumbu vertikalnya.

2. Bar Chart

Merupakan grafik dengan bentuk diagram batang yang mengarah ke bagian sambing. Grafik ini sendiri memiliki fungsi untuk menampilkan perbandingan di antara item item indivual.

Di dalam grafik bar ini, kategori akan tampil di sepanjang sumbu vertikal dengan nilai atau value yang berada di sepanjang sumbu yang horizontal.

3. Pie Chart

Grafik ini berbentuk lingkaran atau seperti kue dengan menunjukkan nilai data ke dalam bentuk bagian atau persentase.

4. Line atau Grafik Garis

Memiliki bentuk garis yang berfungsi untuk menampilkan data secara berkelanjutan dari waktu ke waktu pada sumbu yang sudah diskalakan dengan merata. Grafik ini berfungsi untuk menampilkan tren data bulanan, kuartal hingga tahunan.

5. Area

Fungsi dari grafik adalah untuk menganalisa alur perubahan dara dari waktu ke waktu. Sementara bagan area yang ada di grafik ini adalah untuk menunjukkan hubungan bagian bagian secara keseluruhan.

6. Surface

Memiliki bentuk 3 Dimensi dan permukaannya berfungsi untuk menemukan kombinasi yang optimal di antara dua kumpulan data. Seperti pada peta topografi, warna dan juga pola yang menunjukkan area yang berbeda di dalam kisaran nilai yang sama.

Cara Membuat Grafik di Excel

Untuk membuat grafik sendiri terdapat 5 langkah mudah yang bisa kamu ikuti agar bisa membuat grafik dengan benar sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.

Dan berikut ini adalah Cara Membuat Grafik di Excel dengan Banyak Data:

1. Memilih Data

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memlih data yang nantinya akan menjadi bentuk grafik. Untuk lebih mudahnya kamu bisa memilih bagian dari tabel yang ingin kamu jadikan sebagai grafik.

Contohnya, jika terdapat pemasukkan data selamat setengah tahun pertama. Maka kamu bisa memasukkan seluruh data yang kamu miliki dengan blok semuanya.

Akan tetapi jika kamu hanya ingin data tertentu saja maka kamu bisa memilih tabel maupun kolom yang kamu inginkan.

2. Klik Opsi Insert pada Menu Bar

Setelah memilih data yang kamu inginkan maka kamu bisa memilih insert yang terdapat di menu bar yang ada di bagian kiri atas. Selanjutnya kamu akan melihat ikon dari beberapa jenis grafik.

Di sini kamu bisa memilih opsi Recommended Charts apabila ingin melihat jenis grafik dengan lebih jelas.

3. Memilih Jenis Grafik yang Kamu Inginkan

Setelah kamu memilih Recommended Charts maka akan muncul halaman pop up yang berisikan berbagai macam jenis dan pilihan grafik yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa memilih opsi All Charts untuk bisa melihat pilihan grafik secara lengkap. Maka akan muncul semua jenis grafik yang ada di Ms Excel yang bisa kamu pilih.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa memilih berbagai macam bentuk maupun tampilan atau style dari masing masing jenis grafik.

4. Atur Posisi Grafik ke Worksheet

Cara Membuat Grafik di Excel Secara Otomatis berikutnya adalah dengan memilih grafik yang cocok. Sehingga grafik yang kamu pilih akan muncul secara otomatis di Worksheet.

Akan tetapi agar tabel data yang sudah kamu masukkan tidak terganggu, kamu harus mengatur posisi dan juga ukurannya agar sesuai ya.

Caranya adalah dengan mengarahkan kursor ke bagian grafik. Kemudian klik dan geser. Jika ingin mengubah bentuk grafik kamu dapat mengarahkan kursor di bagian sudut gratik lalu tarik hingga bentuknya berhasil berubah.

5. Ubah Judul Grafik

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah dengan mengubah judul atau nama dari grafik yang sudah kamu buat. Caranya dengan klik bagian tulisan yang terdapat di atas grafik.

Cara Mengubah Bentuk dan Value pada Grafik

Setelah berhasil memasukkan grafik ke dalam Worksheet, tak jarang orang merasa ada bagian yang kurang pada grafik yang sudah mereka buat sebelumnya. Maka dari itu, jika kamu juga merasa ingin mengubah, menambah maupun mengurangi bagian yang ada pada grafik. Maka kamu bisa melakukannya dengan cara berikut:

1. Cara Menambahkan Elemen

Elemen sendiri adalah bagian bagian yang bisa membuat grafik yang kamu miliki menjadi lebih detail dan jelas. Seperti garis bantu dan angka yang ada pada setiap bar. Untuk bisa menambahkan maupun mengurangi elemen kamu bisa klik pada grafik maka secara otomatis akan muncul ikon plus atau + di samping kanan.

Di sini kamu tinggal memberikan centang pada elemen yang ingin kamu tambahkan atau hilangkan.

2. Cara Mengubah Style dan Warna Grafik

Untuk mengubah bentuk tampilan pada grafik sebenarnya tidak berbeda dengan cara menambahkan elemen.

Karena kamu tinggal klik ikon kuas yang berada di bagian samping grafik. Maka akan muncul berbagai bentuk grafik yang ada pada pilihan style dan pilihan tema warna yang ada pada opsi Color.

3. Cara Mengedit Value Grafik

Kamu juga bisa mengedit value atau nilai nilai yang ada pada grafik caranya dengan klik ikon filter yang terletak di samping grafik. Kamu bisa menambahkan maupun menghilangkan value.

Akhir Kata

Terbukti kan, jika Cara Membuat Grafik di Excel tidak terlalu sulit. Bahkan kamu harus perlu melakukan 5 langkah mudah saja untuk membuatnya. Asalkan kamu mengikuti semua petunjuk di atas maka kamu akan bisa membuat grafik di Excel sesuai dengan kebutuha. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya.

Game dan Aplikasi Lainnya :