Apa Arti Hompimpa Alaium Gambreng

Apa arti hompimpa alaium gambreng ya? Pastinya kamu sering sekali mendengar kalimat ini, bahkan sering menggunakannya saat masih kecil dulu. Ya, kalimat ini memang sering anak anak gunakan pada saat bermain.

Karena selain menyenangkan, kalimat ini biasa menjadi cara untuk menentukan giliran ketika akan bermain suatu permainan. Sambil mengucapkan kalimat hompimpa alaium gambreng dengan nada yang keras bersama-sama.

Lalu apa sih arti dari kalimat ini?

Asal Usul Hompimpa Alaium Gambreng

Hingga saat ini asal usul dari permainan hompimpa alaium gambreng memang masih menjadi misteri, karena sulit menemukan kapan kalimat ini pertama kali tercipta. Dan bagaiman bisa kalimat tersebut menjadi sebuah permainan yang terkenal hingga sekarang.

Meski begitu, banyak yang percaya jika kalimat hompimpa alaium gambreng awalnya digunakan oleh para orang tua. Untuk mengajari anak anak mereka agar dekat dengan Tuhan atau Yang Maha Pencipta.

Namun hingga sekarang tidak jelas asal usul penggunaan kalimat ini sebagai sebuah permainan. Akan tetapi semua orang jelas tahu jika kalimat hompimpa digunakan untuk menentukan giliran bermain atau siapa pemenang dari sebuah permainan. Sehingga kalimat ini sangat terkenal di kalangan anak-anak Indonesia.

Terutama pada anak-anak generasi tahun 1990an yang sering sekali menggunakannya saat bermain bersama teman-teman. Sehingga belakangan orang-orang mulai penasaran hompimpa alaium gambreng berasal dari bahasa apa sih sebenarnya.

Karena bahkan hingga saat ini asal usulnya saja belum jelas dan tidak ada yang tahu pasti. Meski begitu, banyak yang percaya mengenai sejarah penggunaan kalimat ini yang sudah ada sejak lama. Bahkan kemungkinan jika kalimat ini sudah mulai ada dan digunakan di Indonesia pada era Kerajaan Hindu-Budha.

Dan tentu saja hal tersebut masih berdasarkan kemungkinan sehingga belum pasti dan kebenarannya belum tentu merupakan sebuah fakta. Namun meskipun sejarah maupun asal usul dari kalimat ini belum pasti. Ada satu hal yang pasti mengenai hompimpa alaium gambreng. Yakni arti dan makna dari kalimat ini.

Maka dari itu, di sini kami akan membahas mengenai kalimat atau permainan ini. Mulai artinya, makna hingga tujuan penggunaan kalimat ini.

Apa Arti Hompimpa Alaium Gambreng dan Fakta-faktanya

Untuk asal usul dari kalimat ini memang masih belum jelas dan masih banyak orang yang sedang mencari tahu mengenai kapan dan di mana kalimat ini pertama kali muncul. Termasuk hompimpa alaium gambreng berasal dari daerah mana juga masih menjadi misteri.

Namun yang pasti, arti dari kalimat ini adalah sebuah doa dan pengharapan dengan makna yang sangat indah. Karena kalimat ini merujuk ke sebuah rasa syukur dari manusia terhadap Sang Maha Pencipta.

1. Berasal dari Bahasa Sansekerta

Kalimat hompimpa alaium gambreng ini sendiri memiliki makna yang amat sangat mendalam. Hompimpa berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya mengajarkan nilai nilai kehidupan yang luar biasa pada anak anak mereka.

Untuk lebih jelasnya, hompimpa alaium gambreng ini berarti Dari Tuhan Kembali ke Tuhan, ayo bermain. Sesuai artinya, kalimat ini memang merupakan kalimat ajakan bermain yang terkenal di kalangan anak-anak.

2. Makna Sesungguhnya

Arti dan makna asli dari kalimat ini adalah merupakan sebuah ajaran yang baik dari orang untuk anak-anak mereka di masa lalu. Sebab kalimat hompimpa alaium gambreng sendiri digunakan para orang tua untuk mengajarkan pada anak-anak akan arti kehidupan dan bagaimana cara menjalaninya sebagai pribadi yang baik.

Sebab dari kalimat ini anak-anak akan berlajar mengenai kehidupan yang merupakan anugerah terindah dari Tuhan. Sehingga kita harus hidup sebagai manusia yang baik, bijak dan tidak hanya mementingkan diri sendiri. Hal ini merujuk ke dalam makna dari Tuhan dan akan kembali pada Tuhan.

Karena sejatinya kehidupan yang sedang kita jalani sekarang merupakan anugerah maupun pemberian dari Tuhan. Sehingga sebagai rasa syukur akan kehidupan yang kita miliki bisa kita lakukan dengan cara berbuat baik pada sesama, bersikap bijaksana dan tidak hanya mementingkan diri sendiri.

Sebab semua yang kita lakukan di dunia ini akan kebali pada Tuhan pada akhirnya. Relasinya dengan permainan sendiri adalah, agar anak-anak senantiasa bahagia dan menjalani kehidupan dengan riang gembira.

3. Relasinya dengan Permainan Anak-anak

Banyak yang mempercayai sejarah dari penggunaan kalimat ini dalam permainan adalah pada zaman dulu, ibu ibu sering mengajarkan anaknya untuk menggunakan kalima ini dengan cara mengajaknya bermain bersama.

Dengan begitu, ibu ibu zaman dulu mengajarkan mengenai arti dan makna kehidupan dengan cara yang menyenangkan agar anak-anak mudah mengerti.

Relasi dari kalimat ini dengan permainan adalah ketika teman teman melakukan permainan hompimpa dan menunjukkan telapak tangan bagian bawah atau atas. Maka sebenarnya pemain tidak akan tahu mereka akan menang atau kalah dalam permainan ini.

Dari sini, kamu bisa belajar untuk lebih menerima dan berlapang dada pada hasil yang akan kamu terima dan kamu pilih kelak. Dengan terus bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa yang memberikan kehidupan pada manusia dan alam semesta.

Tujuan Penggunaan Kalimat Hompimpa Alaium Gambreng

Jika kamu yang hidup dan merasak masa kecil di era tahun 90 an, maka kamu pasti familiar dengan kalimat ini bahkan mungkin sering menggunakannya. Dalam permainan kamu pasti sering menggunakan hompimpa alaium gambreng nek ijah kan.

Atau kalimat lengkapnya seperti ini, hompimpa alaium gambreng, nek ijah pakai baju rombeng. Sambil mengucapkannya dengan lantang dan bersamaan. Dengan membolak-balikkan telapak tangan.

Hompimpa sendiri memiliki tujuan di dalam permainan untuk mencari urutan maupun giliran bermain. Siapa yang pertama bermain dan siapa yang urutan bermainnya paling akhir. Selain itu, permainan ini juga bisa digunakan untuk menentukan pemenang.

Cara Bermain Hompimpa Alaium Gambreng

Untuk melakukan permainan ini, setidaknya harus ada tiga orang pemain karena game ini hanya bisa kamu lakukan dalam berkelompok. Karena jika hanya berdua biasanya untuk menentukan giliran pemain maupun pemenang bisa menggunakan suit saja.

Cara bermainnya cukup sederhana, 3 orang atau lebih berdiri dalam formasi lingkaran dan saling berhadapan. Permainan ini hanya membutuhkan telapak tangan yang harus kamu ayunkan dengan menunjukkan dua sisi. Yakni bagian telapak tangan bawah atau punggung tangan atas.

Kemudian pemain harus mengucapkan kalimat hompimpa alaium gambreng bersamaan dengan suara yang lantang. Sambil mengayunkan tangan dan membokak-balikkannya beberapa kali mengikuti irama kalimat ini.

Dan tangan harus berhenti berayun pada saat pengucapan kalimat ini berhenti. Lalu kamu bisa melihat hasilnya. Sisi telapak tangan yang berbeda adalah giliran pertama atau pemenangnya. Untuk menentukan urutan pemain, biasanya permainan ini akan dilakukan beberapa kali dan diulang hingga hanya tersia dua pemain.

Keputusan selanjutnya akan dilakukan dengan menggunakan permainan suit. Karena untuk melakukan permainan hompimpa ini kamu membutuhkan minimal 3 orang.

Sementara untuk mengetahui pemenangnya adalah peserta yang memperlihatkan sisi tangan yang berbeda dari yang lain. Namun hal ini juga bisa berdasarkan kesepatan bersama untuk menentukan siapa pemenangnya. Dan siapa yang kalah.

Selain itu, permainan ini juga bisa bertujuan untuk menentukan kelompok bermain. Berdasarkan pada sisi telapak tangan yang keluar sebagai hasilnya.

Akhir Kata

Kalimat ini memang sudah terkenal secara luas di kalangan banyak orang terutama anak anak di tahu  90an. Namun asal usulnya masih belum jelas. Akan tetapi arti dan makna dari kalimat ini cukup dalam ya. Dan sekarang kamu sudah tahu kan, apa arti hompimpa alaium gambreng. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada informasi penting lain.

Artikel Menarik Lainnya :